Mengapa Raja Ampat Dijuluki sebagai Surga Bawah Laut Dunia?

dinobatkan sebagai negara terindah di dunia pada 2022. Kepulauan Raja Ampat di Papua Barat Daya adalah bagian dari keindahan bumi Nusantara. Saking cantiknya, Raja Ampat sampai dijuluki Surga Bawah Laut Dunia.

Raja Ampat termasuk destinasi wisata terpopuler di Indonesia. Banyak turis asing berkunjung tiap tahun untuk melihat keindahan dan keunikan Raja Ampat. Selain indah di permukaan, Raja Ampat juga punya alam bawah laut yang memukau dengan terumbu karang dan aneka biota laut.

Majalah asal Inggris, Dive Magazine menobatkan Raja Ampat sebagai Destinasi Diving Terbaik di Dunia.

Raja Ampat Dijuluki Surga Bawah Laut Dunia

Berdasarkan Forestation FKT UGM, Raja Ampat merupakan salah satu taman nasional laut. Berlokasi di pusat Coral Triangle, Taman Nasional Raja Ampat memiliki kawasan yang dilindungi dengan luas mencapai 1.185.940 ha.

Selain luas, jika menengok ke dalam lautnya, Raja Ampat siap membuat siapa saja berdecak kagum. Bayangkan saja, berdasarkan penelitian di tahun 2001 dan 2002 oleh Lembaga Conservation International (CI) yang bekerjasama dengan Lembaga Oseanografi Nasional (LON) dan

Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) , sekitar 75% terumbu karang di seluruh dunia dapat ditemukan dalam laut Raja Ampat.

Terlebih lagi, satu hal yang membuat Raja Ampat pantas menyandang julukan ‘Surga Bawah Laut Dunia’ adalah kawasan ini punya lebih dari 1.000 jenis ikan serta 700 Moluska.

Hewan laut penghuni Raja Ampat juga terbilang unik-unik.

Hewan Unik di Perairan Raja Ampat

Turis lokal maupun mancanegara mengunjungi Raja Ampat karena ingin menyaksikan sendiri betapa uniknya biota laut di perairan tersebut.

Seperti yang sudah disebutkan, aneka macam terumbu karang siap menyambut para penyelam.

Tak hanya itu saja, terdapat pula spesies unik satwa laut di Raja Ampat. Mulai dari wobbegong , kuda laut, sampai ikan-ikan besar , antara lain ada pari manta dan ikan duyung.

Selama menyelam, bukan tidak mungkin Anda bakal dihampiri kumpulan tuna, ikan Giant Trevally alias Kuwe Gerong, maupun Barakuda.

Jadi, itu lah jawaban mengapa Raja Ampat sampai mendapat julukan Surga Bawah Laut Dunia. Kekayaan alam di perairan Papua itu memang tak bisa diremehkan.

About the Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like these