3 Fungsi Terumbu Karang sebagai Salah Satu Ekosistem yang Penting

Terumbu karang adalah struktur bawah air besar yang terdiri dari kerangka invertebrata laut kolonial yang disebut koral atau karang.

Dilansir Live Science, spesies koral yang membangun terumbu dikenal sebagai hermatypic, atau karang “keras”.

Disebut demikian karena mereka mengekstraksi kalsium karbonat dari air laut untuk membuat kerangka luar yang keras dan tahan lama untuk melindungi tubuhnya yang lunak.

Sedangkan spesies koral lain yang tidak terlibat dalam pembentukan terumbu dikenal sebagai karang “lunak”.

Diketahui ada ratusan spesies karang yang berbeda, mereka memiliki rangkaian bentuk dan warna yang unik.

Kasus Polisi Terlibat Narkotika Berulang, Mengapa?

Mulai dari karang bulat dan terlipat, berbentuk cambuk laut yang tinggi, hingga kipas laut yang terlihat seperti pohon atau tanaman yang rumit.

Fungsi Terumbu Karang

 

Fungsi utama terumbu karang adalah menyediakan ekosistem yang penting bagi kehidupan di bawah air.

Mereka juga melindungi wilayah pesisir dengan mengurangi kekuatan ombak yang menghantam pantai, dan menyediakan sumber pendapatan penting banyak masyarakat.

1. Menyediakan ekosistem bawah laut

Dilansir National History Museum, terumbu karang dipenuhi dengan beragam kehidupan. Ribuan spesies dapat ditemukan hidup di satu terumbu karang.

Bahkan, terumbu karang terbesar di dunia, Great Barrier Reef, memiliki lebih dari 400 spesies karang, 1.500 spesies ikan, 4.000 spesies moluska, dan enam dari tujuh spesies penyu dunia.

Coral Triangle, kawasan laut kaya karang di Asia Tenggara yang meliputi perairan antara Indonesia, Malaysia, Filipina, dan Papua Nugini, menjadi ekosistem laut yang paling beragam secara biologis di Bumi.

2. Fungsi pelindung

Punggungan di terumbu karang bertindak sebagai penghalang dan dapat mengurangi energi gelombang hingga 97 persen, memberikan perlindungan penting dari ancaman seperti tsunami.

Terumbu karang juga membantu melindungi kawasan seperti hutan bakau dan padang lamun yang berfungsi sebagai pembibitan hewan laut, serta populasi pesisir manusia.

3. Fungsi ekonomi

Terumbu karang memiliki nilai global karena kontribusinya terhadap industri perikanan dan pariwisata, serta perlindungan pantai.

Lebih dari 500 juta orang di seluruh dunia bergantung pada terumbu karang untuk sumber makanan, pekerjaan, dan pertahanan pesisir.

Ekstrak dari hewan dan tumbuhan yang hidup di terumbu karang telah digunakan untuk mengembangkan pengobatan asma, radang sendi, kanker, dan penyakit jantung.

Ancaman terhadap terumbu karang

 

Dikutip dari National Oceanic and Atmospheric Administration, ekosistem terumbu karang saat ini cukup terancam, baik oleh ancaman bersifat alami maupun karena ulah tangan manusia.

Ancaman alami yang menghantui seperti penyakit, predator, badai, dan perubahan iklim yang meningkatkan suhu laut dan menyebabkan pengasaman laut.

Sedangkan ancaman yang disebabkan oleh manusia antara lain polusi, sedimentasi, praktik penangkapan ikan yang tidak berkelanjutan.

Ancaman perusakan tersebut dapat menekan karang, menyebabkan pemutihan karang, dan bahkan kematian. Sementara yang lain menyebabkan kerusakan fisik pada ekosistemnya yang rapuh.

Karang dapat pulih dari pemutihan jika kondisinya bisa membaik sebelum mati, meskipun perlu waktu bertahun-tahun agar ekosistem pulih sepenuhnya.

About the Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like these