Peran Ikan Kakatua Bagi Terumbu Karang

Peran Ikan Kakatua Bagi Terumbu Karang

Fakfak : Lautan memiliki ragam ikan yang hidup didalamnya. Salah satu jenis ikan yang tekenal berwarna-warni cerah adalah ikan kakatua atau disebut dengan parrotfish. Mengapa disebut ikan kakatua? karena bentuk tubuhnya menyerupai paruh burung kakatua. Ikan kakatua adalah jenis ikan herbivora yang tersebar di perairan Pasifik, termasuk Indonesia, Laut Mediterania dan Samudra Atlantik.

Melansir dari Jurnal Osena, ikan kakatua (suku Scaridae) memiliki ciri tubuh berbentuk agak pipih dan lonjong, moncong membundar dan kepala tumpul, rahang atas dan bawah terdapat gigi plat yang kuat, memiliki satu atau dua taring pendek terletak pada samping rahang atas pada posisi belakang yang ada pada ikan dewasa.

Ikan kakatua merupakan ikan yang hidup di terumbu karang dan memiliki peran penting dalam ekosistem tersebut. Mereka dapat membantu menjaga keseimbangan ekosistem terumbu karang dengan memakan hewan-hewan kecil yang dapat merusak karang, seperti kerang, siput, udang, dan krustasea lainnya.

Selain itu, ikan kakatua juga membantu dalam penyebaran biji karang. Ketika ikan kakatua memakan karang, biji karang yang tidak tercerna akan dikeluarkan melalui kotoran mereka. Biji karang ini kemudian dapat menempel pada substrat lain dan membantu dalam pertumbuhan dan perluasan terumbu karang. Ikan kakatua juga dikatakan cerdas dalam menjaga keseimbangan ekosistem terumbu karang dan berguna bagi keberlangsungan hidup karang dan spesies lainnya dalam ekosistem tersebut.

About the Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like these