5 Hiu yang Tidak Berbahaya di Dunia

5 Hiu yang Tidak Berbahaya di Dunia

Hiu sering dikenal sebagai hewan laut yang berbahaya dan ganas.

Namun bertentangan dengan anggapan umum, ternyata tidak semua spesies hiu merupakan ancaman bagi manusia.

Hanya beberapa spesies agresif seperti hiu putih besar yang dikaitkan dengan serangan hiu yang tidak beralasan dan terprovokasi.

Jadi spesies hiu mana saja yang termasuk tidak berbahaya di dunia? Berikut beberapa di antaranya seperti dikutip dari A-Z Animals.

Hiu Paus

Hiu paus yang ditemukan di perairan terbuka lautan tropis adalah spesies yang sangat besar, dengan panjang lebih dari 9 meter.

Mereka adalah pengumpan penyaring (filter feeder) dengan gigi kecil yang hampir secara eksklusif memakan plankton dan ikan-ikan kecil.

Meski berukuran besar, secara mengejutkan mereka tidak menimbulkan ancaman bagi manusia.

Mereka jinak dan bahkan terkadang membiarkan perenang untuk menungganginya.

Namun, praktik ini tidak disarankan karena dapat mengganggu hiu. Bayi hiu paus bersifat lembut dan juga bisa bermain dengan penyelam.

Hiu Macan Tutul

Hiu macan tutul ditemukan di sepanjang pantai Pasifik Amerika Utara, lebih sering ditemui di dataran berlumpur atau berpasir di teluk dan muara yang tertutup.

Mereka umumnya berenang dekat dasar air dan terutama memakan kerang, kepiting, udang, dan ikan bertulang.

Mengingat seberapa sering mereka ditemui di perairan dangkal tempat manusia berenang, tidak ada kasus serangan hiu macan tutul yang fatal. Mereka waspada dan cepat melarikan diri ketika bertemu manusia.

Hiu Penjemur

Hiu penjemur adalah hiu terbesar kedua yang masih hidup di lautan, dengan panjang dewasa mencapai sekitar 8 meter.

Meskipun ukurannya sangat besar dan penampilannya mengancam, hiu penjemur bukanlah spesies yang agresif dan tidak berbahaya bagi manusia.

Hiu besar ini tidak memiliki masalah dengan perahu dan penyelam yang mendekati mereka dan bahkan mungkin mengelilingi penyelam, menjadikannya daya tarik penting untuk wisata menyelam di daerah di mana mereka biasa ditemukan. nana4d

Hiu Bambu

Hiu bambu adalah hiu yang relatif kecil dan bergerak lambat, panjang tubuhnya sekitar 1,2 meter.

Hiu ini adalah penghuni dasar laut dan beristirahat di celah karang pada siang hari dan mencari makan pada malam hari.

Seperti kebanyakan hiu yang tidak berbahaya, mereka jinak dan tidak agresif.

Hiu bambu tidak menimbulkan ancaman bagi manusia, dan tidak pernah ada laporan kasus serangan terhadap manusia. Mereka telah diamati membiarkan penyelam mengelusnya tanpa menimbulkan bahaya apa pun.

Hiu Greenland

Hiu Greenland merupakan spesies yang paling banyak tersebar di perairan Samudera Atlantik Utara dan Samudera Arktik. Karena hiu ini biasanya hidup di kedalaman dingin Arktik dan Atlantik Utara, terisolasi dari aktivitas manusia, mereka tidak diketahui sebagai ancaman bagi manusia.

Perairan yang sangat dingin dan berada di atas titik beku membuat kemungkinan serangan terhadap manusia menjadi sangat rendah, dan sejauh ini hanya satu serangan yang tercatat, yaitu terjadi 163 tahun lalu.

Hiu Greenland lebih suka memakan mangsa seperti belut, herring, skate, lumpfish, hiu kecil, dan banyak mangsa ikan lainnya.

About the Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like these