Our-Business Our-Busienss Catat Berbagai Ide Bisnis Digital yang Dapat Dicoba di Tahun 2024

Catat Berbagai Ide Bisnis Digital yang Dapat Dicoba di Tahun 2024

Our-Busienss,

Tahun 2023 sudah ada di penghujung tahun dan kini saatnya menyambut 2024 dengan jauh lebih baik lagi, khususnya dalam hal berbisnis. Tentunya, jika kamu ingin berbisnis 2024 tidak boleh ketinggalan tren bisnis digital yang semakin berkembang.

Tenang! Gak perlu bingung lagi mau bisnis apa di tahun 2024, karena Kelas.com sudah merangkum beberapa ide bisnis yang menarik untuk kamu coba khususnya dalam bidang digital. Penasaran? Simak artikelnya sampai selesai, ya!

Peluang Bisnis Digital di Tahun 2024

Melihat perkembangan yang terjadi di tahun 2023, tentunya 2024 diharapkan bisa lebih berkembang dalam segi bisnis. Tren yang paling signifikan di 2024 adalah ada pada dalam perjalanan transformasi digital sebagai perluasan penggunaan teknologi otomatisasi. 

Demikian pula, penggunaan teknologi cloud secara efektif, low code atau no code tools, artificial intelligence (AI), dan teknologi lainnya akan sangat membantu penskalaan perusahaan. Dengan begitu, kamu perlu mempertimbangkan peluang bisnis agar sesuai dengan tren dan kebutuhan bisnis digital di tahun 2024 tersebut.

21 Ide Bisnis Digital yang Bisa Dicoba di Tahun 2024

Untuk itu, ada beberapa ide bisnis digital yang bisa di coba di tahun 2024. Beberapa ide ini cocok untuk kamu yang ingin berbisnis dengan skala kecil hingga besar sebagai berikut.

Content Agency

Konten digital masih menjadi tren ide bisnis digital di tahun 2024, melihat bagaimana penggunaan media sosial sebagai ladang bisnis semakin berkembang di setiap tahunnya. Untuk itu, content agency menjadi salah satu ide bisnis yang baik dan menguntungkan.

Kamu dapat memulai bisnis kecil seperti agen pembuatan konten dengan membentuk tim pembuat konten yang terampil untuk menyusun materi pemasaran, mengembangkan portofolio, dan menjangkau klien potensial. Namun bisnis memiliki tantangan seperti persaingan hingga kebutuhan terus-menerus untuk terus mengikuti perkembangan tren konten terkini.

Community Agency

Community agency merupakan bisnis yang menyediakan berbagai orang atau talent terbaiknya agar dapat bekerja sama dengan pihak lainnya. Community agency juga bisa disebut sebagai influencer agency yang menaungi beberapa Influencer ternama dengan menawarkan bisnis partnership dan online marketing.

Bisnis digital ini mampu menjadi ide bisnis digital di 2024 karena cukup banyak yang mulai beralih menggunakan Influencer sebagai brand ambassador dibandingkan Artis besar. Namun, tantangan terbesar dalam bisnis ini adalah meningkatnya persaingan dan kebutuhan terus-menerus untuk mempertahankan brand dan Influencer.

Marketing Agency

Membangun marketing agency dapat dimulai dengan membentuk tim individu terlatih atau Marketer dalam membantu klien menarik pelanggan dan meningkatkan pengalaman pelanggan melalui berbagai media. Marketing agency biasanya meliputi digital marketing service, web development, hingga social media management

Namun, marketing agency memiliki tantangan seperti banyak pesaing yang lebih dulu memulai bisnis. Terlebih lagi, segala jenis perusahaan membutuhkan kegiatan marketing secara online sehingga kamu bisa mempertimbangkan marketing agency sebagai ide bisnis digital tersebut.

Online Publisher

Online publisher merupakan jenis bisnis serbaguna yang dapat mencakup berbagai jenis produk konten. Misalnya seperti online magazine yang menerbitkan konten hanya untuk menarik perhatian pada iklan di halaman.

Namun, kamu juga perlu memperhatikan model bisnis yang digunakan untuk usaha dan keahlian dalam bisnis berbasis web. Selain itu, tantangan yang ada pada bisnis ini 

Accounting dan Bookkeeping

Perusahaan sering kali mempekerjakan bookkeeping untuk membantu mereka memelihara catatan keuangan dan laporan akuntansi. Oleh karena itu, ini bisa disebut sebagai suatu bisnis yang menjanjikan di tahun 2024 pada bidang bisnis digital.

Accounting dan bookkeeping di tahun 2024 juga bisa dilakukan secara digital melalui beberapa software penunjangnya. Misalnya seperti QuickBooks atau Xero yang dapat membantumu dalam melakukan bisnis ini di tahun depan.

Web Design dan App Development

Ide bisnis digital web design ini akan menyediakan layanan desain web profesional kepada individu dan bisnis untuk representasi online hingga pengalaman pengguna yang efektif. Untuk itu, kamu perlu  merancang tata letak, membuat konten, dan mengelola kinerja website.

Web design menjadi salah satu ide bisnis digital tahun 2024 karena berbagai perusahaan masih membutuhkan layanan web design untuk menarik perhatian pengunjung web. Selain itu, web design akan berpotensi dengan hubungan klien jangka panjang.

Reseller atau Dropshipper

Reseller atau Dropshipper masih menjadi tren ide bisnis digital di tahun 2024. Dropshipper akan berurusan dengan biaya platform e-commerce, pemasaran, dan sumber produk awal (Supplier).

Untuk menjadi seorang Dropshipper, kamu perlu menyiapkan toko online dan menjalin hubungan Supplier. Bisnis digital ini juga termasuk minim modal karena tidak perlu model bisnis yang terukur.

Konsultan Bisnis

Konsultan Bisnis masih menjadi tren ide bisnis digital di tahun 2024 karena akan ada berbagai perubahan arah bisnis digital yang cukup signifikan. Konsultan bisnis dapat berupa konsultan independen atau perusahaan konsultan besar yang mempekerjakan beberapa konsultan dengan spesialisasi dan niche berbeda.

Wedding Invitation

Wedding invitation kini bukan hanya diperlukan dalam bentuk cetak, namun semakin berkembangnya zaman wedding invitation juga bisa berupa website online yang berisikan undangan pernikahan digital. Tentunya, ini menjadi salah satu ide bisnis yang baik di tahun 2024 bagi kamu yang memiliki keahlian dalam bidang TI hingga Web Developer.

Pet-Commerce

Meskipun terdengar masih asing, pet-commerce menjadi salah satu ide bisnis digital tahun 2024 karena kamu dapat menjual berbagai perlengkapan perawatan hewan peliharaan di e-commerce. Mulai dari pakan, pasir, hingga keperluan kesehatan hewan.

Pet-commerce juga bisa memberikan layanan penitipan hewan peliharaan yang profesional dan penuh perhatian bagi pemilik hewan peliharaan. Kamu dapat fokus pada hal-hal penting seperti perlengkapan dasar perawatan hewan peliharaan, sarana transportasi yang andal, dan menciptakan platform online untuk keterlibatan pelanggan.

Online Fitness Training

Fitness online juga semakin berkembang seiring pasca pandemi covid-19 hingga tahun 2022 lalu. Untuk itu, banyak orang yang masih membutuhkan online fitness training karena dianggap lebih fleksibel dan tidak perlu waktu untuk pergi ke tempat gym.

Dengan online fitness training, kamu dapat menyediakan layanan konsultasi training hingga menjual rencana latihan, atau menawarkan layanan berbasis langganan. Oleh karena itu, online fitness training dapat menjadi salah satu ide bisnis digital di tahun 2024 yang dapat kamu coba.

Digital Health Monitoring

Bisnis ini merupakan bisnis digital yang ada pada bidang kesehatan. Digital health monitoring juga bisa berupa pekerjaan dalam bidang jasa secara perorangan yang dibutuhkan oleh seseorang untuk melakukan monitoring dari program kesehatan yang dijalankan secara digital agar lebih fleksibel.

Work Tools Subscription Management

Dengan kemajuan teknologi di tahun 2024, tentu banyak perusahaan yang memerlukan orang yang ahli dalam bidang tool subscription management. Untuk memulai bisnis ini, kamu perlu memperhatikan berbagai hal seperti penetapan harga, penagihan, dukungan pelanggan, manajemen peningkatan dan penurunan versi, hingga menganalisis data langganan.

Affiliate Marketing Program

Dengan menjadi Afiliator, kamu dapat membangun audiens yang besar dan memiliki pendapatan yang konsisten. Ide bisnis ini juga diprediksi semakin berkembang di tahun 2024 karena ada potensi passive income dan tidak perlu membuat produk Nono4D Apk Slot Terbaru.

AI Solution

Artificial intelligence akan terus berkembang di tahun 2024, terlebih lagi perubahan arah bisnis digital ada pada teknologi serba otomatis. Dengan AI, perusahaan akan sangat terbantu dalam menyempurnakan teknologi.

Untuk memulai bisnis AI Solution, kamu harus memahami AI dan melakukan analisis data secara mendalam dengan membangun tim yang terdiri dari ilmuwan data dan AI Expert. Selain itu, potensi margin keuntungan yang tinggi akan kamu dapatkan namun kekurangannya adalah biaya awal yang tinggi dan kebutuhan untuk terus mengikuti perkembangan AI hingga tren analisis data terkini.

Layanan Crypto dan Blockchain

Meluncurkan layanan konsultasi crypto dan blockchain akan mencakup keahlian, kepatuhan hukum, pemasaran, hingga penyiapan berbagai hal seputar crypto dan blockchain. Teknologi blockchain merevolusi berbagai industri, mulai dari keuangan hingga perawatan kesehatan.

Bisnis ini juga semakin berkembang di tahun 2024, terlebih lagi investasi digital seperti crypto dan blockchain juga semakin populer. Untuk itu, kamu bisa memulai bisnis ini dengan menyediakan solusi blockchain untuk bisnis secara mendalam teknologi blockchain dan aplikasinya serta membangun tim ahli blockchain serta Software Developer.

Virtual Events Organiser

Layanan EO atau event organiser secara virtual juga dapat menjadi ladang bisnis yang baik di tahun 2024 karena tren event online juga masih banyak digelar. Bisnis Virtual Events Organiser dapat dimulai dengan modal yang tidak banyak namun perlu mengiklankan produk di berbagai media untuk mencapai pelanggan yang lebih luas.

E-Learning

E-learning menjadi tren dikala pandemi yang masih dibatasi untuk melakukan pertemuan pembelajaran secara offline. Meskipun begitu, e-learning masih tetap menjadi tren ide bisnis digital di tahun 2024 karena peminat e-learning juga semakin banyak setiap tahunnya.

Kamu dapat melakukan bisnis ini secara remote karena hanya membutuhkan layanan video call online dengan unlimited time. Selain itu, bisnis E-learning juga dapat menyediakan materi belajar secara elektronik seperti learning management system.

Voiceover Artist

Gak cuma jadi Content Creator, kamu juga bisa menggeluti bidang Voiceover Artist di tahun 2024 karena tren audio visual juga semakin meningkat dengan meningkatnya permintaan untuk mengisi suara animasi hingga video vlog. Yup, Voiceover Artist akan bekerja untuk mengisi suara pada media berupa video seperti iklan, film, dan lainnya.

Virtual Assistant

Virtual assistant juga menjadi tren yang masih menjadi topik hangat di tahun 2024. Terlebih lagi, dengan bisnis ini kamu bisa mengerjakannya dari rumah atau secara remote.

Virtual Assistant dapat mencakup beberapa bidang mulai dari sekretaris, personal assistant, customer service dan lainnya. Selain itu, Virtual Assistant bahkan memiliki rata-rata gaji hingga Rp.150.000.000 per tahunnya.

Photostock

Photo stock menjadi salah satu ide bisnis digital yang cukup menjanjikan di tahun 2024. Kamu bisa meng-upload pada platform photo stock dan jika ada orang yang ingin mengunduh gambar tersebut kamu akan mendapatkan nilai loyalty pada setiap foto tersebut.

 

Beberapa platform yang bisa kamu coba, seperti Unsplash, Pexels, Freepik, hingga iStock. Setiap platform memiliki niche market yang berbeda-beda, jadi tinggal kamu sesuaikan saya dengan hasil fotomu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Post