Our-Business Our-Busienss Apa Itu Bisnis Digital dan 9 Ide Bisnis Digital yang Menjanjikan

Apa Itu Bisnis Digital dan 9 Ide Bisnis Digital yang Menjanjikan

Apa Itu Bisnis Digital dan 9 Ide Bisnis Digital yang Menjanjikan

Our-Business,

Digitalisasi bisnis merupakan penerapan teknologi digital dalam mengubah model bisnis konvensional. Tujuannya adalah untuk meningkatkan pendapatan secara cepat serta peluang dalam menghasilkan nilai. Setiap perusahaan dapat mengubah bisnis mereka secara digital.

Caranya adalah dengan mengadopsi teknologi digital, di mana saat ini digitalisasi merupakan proses yang sedang diimplementasikan mayoritas pebisnis.  Perusahaan-perusahaan terkemuka telah menggunakan strategi ini dengan hasil yang luar biasa dalam hal pendapatan, keuntungan, dan kepuasan pelanggan.

Apa Itu Bisnis Digital dan Keuntungannya

Bisnis digital adalah bisnis yang memanfaatkan teknologi, baik secara internal maupun eksternal. Teknologi informasi telah mengubah arsitektur dan operasi bisnis sejak akses Internet mudah bagi pebisnis dan individu. Cara organisasi beroperasi sehari-hari telah mengalami transformasi yang signifikan melalui teknologi.

Dunia usaha merasakan dampak signifikan dari revolusi digital ini. Percepatan aktivitas serta prosedur perusahaan untuk memanfaatkan peluang dengan pendekatan strategis secara maksimal. Perusahaan digital memanfaatkan hal ini sebaik-baiknya sehingga keuntungan maksimal sekaligus mengurangi kerugian.

Fungsi Bisnis Digital

Apa saja fungsi signifikan dari bisnis digital?  Pebisnis digital dapat memanfaatkan bisnis digital untuk

1.       Meningkatkan Produktivitas

Teknologi dapat mendorong produktivitas. Pebisnis kekinian harus dapat memastikan bahwa sistem kerja yang ada dapat memungkinkan karyawan supaya bekerja lebih efisien. Pebisnis harus dapat memanfaatkan teknologi inovatif, seperti cloud, perangkat seluler, big data, dan analitik. Semuanya dapat membantu mereka untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensinya.

2.      Menurunkan Biaya Operasional

Setiap perusahaan ingin menghemat dana dan waktu sebagai tujuan utamanya. Proses penyelesaian dan tugas manual butuh waktu lama sehingga prosesnya berjalan jauh lebih lambat dibandingkan proses dan tugas yang diotomatisasi.

Sejauh ini, inefisiensi proses telah terbukti merugikan bisnis hingga 25% dari pendapatan mereka. Kerugian lainnya adalah tingkat kesalahan lebih tinggi karena human error dengan proses kerja manual. Pebisnis telah membuktikan bahwa bisnis digital akan lebih efektif dan efisien.

3.      Kualitas Tinggi

Salah satu fungsi bisnis digital paling signifikan adalah memastikan bahwa setiap aktivitas menghasilkan secara konsisten. Tidak hanya itu, kualitasnya juga terjamin karena sesuai setelah tertentu. Dengan demikian, output yang berkualitas tinggi dan dapat diandalkan dapat dilakukan.

4.      Pengambilan Keputusan yang Lebih Objektif

Analisis informasi mengubah data menjadi pengetahuan. Pengetahuan membantu pekerja membuat keputusan yang lebih baik. Oleh karena itu, digitalisasi dan pengelolaan informasi berjalan beriringan. Bisnis digital global juga mengalami perubahan dalam daya beli.

Baca Juga: 5 Tips Sukses Mengembangkan Bisnis di Luar Negeri

Apa Saja Jenis-jenis Bisnis Digital?

Kita dapat melihat berbagai jenis bisnis digital. Pemanfaatan teknologi sudah bukan lagi hal yang asing. Mayoritas perusahaan tersebut sebelumnya hanya menjalankan bisnis secara konvensional.  Kini kita melihat kesuksesan transformasi bisnis mereka.

Beberapa jenis bisnis digital yang kini merajai bisnis adalah

1.      E-commerce

Transformasi digital di sektor ritel kita kenal dengan gebrakan berbagai e-commerce. Terjadi perubahan dalam bentuk penawaran produk di mana pemilik dapat meningkatkan kinerja sistem secara teknologi. Pemilik usaha retail dapat memanfaatkan teknologi untuk mengembangkan strategi interaksi pelanggan sekaligus mengatur keuangan melalui pencatatan transaksi secara otomatis.

2.      Chatbot

Mayoritas perusahaan memanfaatkan chatbots dengan dukungan kecerdasan buatan. Fasilitas ini  membantu pemilik bisnis dalam mendengar keluhan pelanggan secara langsung. Selain itu, chatbot juga menurunkan biaya untuk proses pengiriman broadcast dan keperluan lainnya.

3.      Layanan Streaming

Akses hiburan semakin mudah melalui gawai, di mana perusahaan di bidang entertainment kini menawarkan layanan streaming. Streaming kini bukan lagi sekadar siaran radio atau musik, tetapi juga film dan berbagai tayangan visual.  Berbagai perusahaan yang tengah bersaing di bidang ini termasuk Netflix, Spotify, Robopragma V4.00 dan sebagainya.

9 Ide Bisnis Digital yang Menjanjikan

Kalian ingin memulai bisnis digital yang menjanjikan? Berikut beberapa ide bisnis yang dapat kalian coba:

1.      Kerajinan Handmade

Kesempatan menjual kerajinan handmade sebenarnya sudah ada sejak berdirinya Etsy, pasar online terbesar untuk produk handmade atau barang kuno.  Seiring dengan meluasnya penggunaan internet dan kemudahan metode pembayaran, banyak orang semakin giat menjual produk handmade mereka melalui Etsy dan berbagai platform lainnya karena investasi yang rendah dengan nilai jual tinggi.

2.      Podcast

Kegiatan podcast menjadi sangat populer dalam kurun waktu tiga tahun terakhir. Podcast yang menarik dengan tamu yang kompeten dapat menghasilkan uang cukup signifikan. Kalian dapat memilih topik yang kalian kuasai dengan pangsa pasar yang dapat kalian pilih, seperti musik, entrepreneurship, video game, dan sebagainya.

3.      Content Writer

Peluang menjadi content writer sebenarnya sudah terbuka sejak satu dekade lalu. Namun, kebutuhan akan tenaga penulis konten kini semakin tinggi. Tentu, seorang penulis konten harus memiliki pengetahuan luas dan kemampuan menulis yang bagus.

4.      Konsultan SEO

Tidak dapat dipungkiri bahwa profesi ini menjadi salah satu bentuk bisnis digital terpopuler. Search Engine Optimization atau SEO adalah kebutuhan mutlak bagi pebisnis yang ingin menduduki halaman pertama mesin pencari, terutama Google.  Konsultan SEO yang kompeten dapat mengubah bisnis yang tidak populer menjadi perusahaan yang situsnya berada di halaman pertama Google.

5.      Konsultan Media Sosial

Bisnis ini sangat ideal bagi kalian yang sudah paham dengan algoritma media sosial dalam mencapai tujuan bisnis.  Kalian dapat melakukan spesialisasi untuk beberapa jenis bisnis atau menjadi manajer media sosial secara umum dengan menavigasi cara kerja LinkedIn, Twitter, dan media sosial lainnya.

6.      Kreator Konten Video

Saat ini, video singkat atau video panjang menjadi sarana hiburan utama. Kalian dapat memaksimalkan keuntungan dengan menayangkan video singkat unik, bermanfaat, menghibur, dan sebagainya.  Cari pangsa pasar yang tepat dan tayangkan video berkualitas sehingga menarik banyak penonton sehingga dapat mempengaruhi pendapatan.

7.      Web Developer

Kalian juga dapat menjadi web developer dengan penghasilan sebagai bisnis sampingan saat berkuliah. Kalian dapat membuat tema WordPress dan menjual tema yang kalian ciptakan di beberapa platform seperti  Envato Market. Tingkat investasinya rendah dengan nilai yang tinggi.

8.      Videografer Drone

Drone menjadi salah satu alat yang sangat populer bagi kreator video. Kalian dapat berinvestasi dengan drone dan mempelajari cara untuk mengoperasikannya.  Mulailah dengan drone berukuran kecil jika anggaran kalian terbatas.

9.      Afiliasi

Affiliate marketer atau pemasar afiliasi sudah populer sejak awal internet diperkenalkan. Namun kini, pemasar afiliasi memiliki kesempatan lebih luas untuk mencari cuan. Manfaatkan situs-situs raksasa yang menawarkan profesi ini dengan cara membuat blog kalian sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Post