Our-Business Our-Busienss 7 Artis Ini Punya Bisnis Kos-kosan dan Kontrakan

7 Artis Ini Punya Bisnis Kos-kosan dan Kontrakan

Ilustrasi rumah kos. (Freepik)

Our-Business,

Jakarta – Bisnis kos-kosan dan kontrakan merupakan usaha properti yang cukup diminati masyarakat, terlebih bagi yang ingin mempersiapkan penghasilan di masa tua nanti. Termasuk artis Tanah Air yang tak hanya berkarya di dunia hiburan, tetapi merambah ke dunia usaha salah satunya bisnis kos-kosan.

Lantas, siapa saja artis yang menggeluti bisnis ini? Lalu, seperti apa kos-kosan dan kontrakan mereka? Simak ulasan berikut ini.

1. Ria Ricis

Kos-kosan Ria Ricis

Youtuber Ria Ricis ternyata mempunyai kos-kosan sejak tahun 2019 di kawasan Srengseng Sawah, Jagakarsa, Jakarta Selatan. Kosan khusus perempuan ini sangat strategis bagi mahasiswa karena dekat dengan tiga perguruan tinggi.

Ria Ricis mengubah sebuah rumah menjadi kos-kosan mewah berisi delapan kamar seluas 3,8 x 5 meter. Melalui video YouTube Ricis Official, ia menceritakan niatnya mempunyai kos-kosan yang nyaman seperti hotel dengan harga yang lebih terjangkau.

Fasilitas yang disediakan lengkap dengan tempat tidur, lemari pakaian, AC, WIFI, dan tempat parkir. Menariknya, ada kamar mandi dalam yang mewah dengan tembok dan lantai dilapisi marmer.

Selain itu, sudah ada wastafel, kloset duduk, dan water heater Robopragma V4.00. Dengan kamar kos senyaman dan semewah ini, anak kos bisa menyewa kamar dengan harga Rp 1.400.000, menurut keterangan penjaganya.

2. Tantri Kotak

Kos-kosan Tantri Arda

Vokalis band Kotak, Tantri bersama sang suami memulai bisnis kos-kosan sejak tahun 2021 di kawasan Maguwoharjo Sleman, Yogyakarta. Kos-kosan bernama Kost Bobok Manis ini berlokasi strategis dekat sejumlah perguruan tinggi, bandara, rumah sakit, dan tempat belanja.

Awalnya kedua pasangan ini membeli bangunan kos-kosan, lalu direnovasi agar desain lebih kekinian. Desain kosan didominasi warna hitam, elemen batu bata berwarna coklat, dan kayu. Kosan ini terdiri dari dua tingkat dengan delapan kamar seluas 3,5 x 5 meter.

Fasilitas kamar sangat lengkap, sudah termasuk tempat tidur, lemari pakaian, AC, TV, dan WIFI. Selain itu, terdapat kamar mandi di dalam kamar yang menggunakan kloset duduk, wastafel, shower, dan air panas. Sementara fasilitas luar tersedia dapur umum, parkiran, ruang jemur, dan taman.

Dari keterangan situs Mamikos, anak kos bisa mendapatkan fasilitas lengkap dan tempat tinggal nyaman di kosan ini dengan membayar sewa sebesar Rp 1.895.000 per bulan. Kosan ini cocok digunakan oleh mahasiswa dan pasangan suami istri.

3. Samuel Zylgwyn

Kos-kosan Samuel Zylgwyn

Bintang Sinetron Samuel Zylgwyn juga sudah lama mempunyai bisnis kos-kosan dekat sebuah universitas swasta di Bandung. Melalui video di YouTube Samuel Franda VLOG, Samuel menceritakan tentang kos-kosan miliknya yang dibeli sekitar tahun 2014-2015.

Ia membangun kos-kosan tiga lantai pada lahan seluas kurang lebih 590 meter persegi. Samuel mengaku memastikan ada sirkulasi udara dan pencahayaan alami yang cukup di kos-kosan ini supaya lebih anak kos bisa tinggal dengan nyaman.

Tampak banyak tanaman pot hias, kolam ikan, tempat nongkrong, area parkir, ruang jemur, dan warung di lingkungan kosan. Lalu dari segi keamanan, ia menyediakan banyak CCTV, alat pemadam kebakaran, serta terdapat akses dua tangga yang memadai untuk kondisi darurat.

Tentunya fasilitas sangat lengkap dan nyaman untuk mahasiswa, ada tempat tidur, lemari pakaian, AC, WIFI, kamar mandi dalam, toilet duduk, dan water heater. Adapun untuk pembayaran sewa kos, Samuel menerapkan pembayaran untuk jangka waktu setahun.

4. Tya Ariestya

Kos-kosan Tya Ariestya

Aktris Tya Ariestya yang sering disapa sebagai Ibu Kos di media sosial ini sudah lama menjalani bisnis ini lebih dari 12 tahun lamanya. Ia mempunyai kos-kosan mewah berkonsep homestay yang terdiri dari empat tingkat di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan.

Kos-kosan ini biasanya dihuni oleh karyawan dan pasangan suami istri. Tentunya kosa mewah Tya sudah menyediakan fasilitas yang lengkap, ditambah lagi ada dapur bersama, cleaning service, dan laundry. Menariknya lagi, ada hotel penitipan kucing di lantai dasar kos-kosan.

5. Marini Zumarnis

Kos-kosan Marini Zumarnis

Aktris Marini Zumarnis memiliki bisnis kos-kosan eksklusif bak vila di kawasan Dago, Bandung. Kosan bernama Mazuliving ini dikhususkan untuk perempuan, terutama mahasiswi.

Sangat estetik, kosan tersebut memiliki interior bergaya scandinavian dengan aksen warna mustard, sunset, dan biru. Setiap kamar sudah tersedia tempat tidur, TV, AC, WIFI, dan kamar mandi dalam dengan water heater.

Selain kamar yang indah, kosan ini menyediakan fasilitas bersama di antaranya rooftop garden, ruang tamu, mesin cuci, area parkir, seating corner, dining room, musala, dapur bersama, dan ruang belajar mahasiswa. Lalu, tersedia cleaning service gratis, keamanan, 24 jam serta alat pemadam kebakaran.

6. Arief Muhammad

Kos-kosan Arief Muhammad

Konten Kreator yang juga pengusaha sukses Arief Muhammad, mempunyai bisnis kos-kosan mewah di Yogyakarta di samping sebuah perguruan tinggi. Kos-kosan yang dinamakan Ternak Kostan ini terdiri dari 12 kamar seluas kurang lebih 4 x 4 meter.

Kamar kosan ini terbagi menjadi tiga tipe dengan furnitur berbeda, yakni standar, double, dan VIP. Fasilitas yang ditawarkan termasuk di antaranya tempat tidur, AC, WIFI, TV, meja rias, rak sepatu, lemari pakaian, kamar mandi dalam, dan water heater.

Untuk fasilitas bersama, ada area parkir, ruang tamu, dapur, kulkas, dan meja makan. Keamanan juga terjamin dengan adanya CCTV dan pintu kamar kos yang menggunakan teknologi smartlock.

Bagi yang ingin menyewa kamar di kos-kosan ini, Arief menerapkan sistem pembayaran untuk masa sewa 6 bulan dan 1 tahun.

7. Tukul Arwana

Kontrakan Tukul Arwana

Presenter sekaligus komedian Tukul Arwana ternyata seorang juragan kontrakan. Ia memiliki kontrakan sebanyak 200 pintu di beberapa tempat. Dalam video YouTube Atta Halilintar, ia menceritakan kontrakan tersebut merupakan ide dan peninggalan almarhumah istri.

Awalnya Tukul tinggal di sebuah kontrakan seharga Rp 150 ribu per bulan, lalu seiring dengan waktu ia mulai membeli kontrakan tersebut. Kemudian, perlahan membeli properti di kawasan sekitar untuk dijadikan kontrakan.

Tampak kontrakan milik Tukul didominasi nuansa warna biru. Selain itu, dekat kontrakan juga ada studio yang digunakannya untuk shooting sinetron.

Itulah sederet artis Tanah Air yang mempunyai bisnis kos-kosan dan kontrakan keren.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Post